info

Mengenal Tentang Teknologi Crumple Zone pada Mobil Toyota

ctn_609394053B0E328FBC131F4AEAA23CD2

Pernahkah Anda melihat body depan mobil yang penyok parah akibat kecelakaan? Body yang penyok itu ternyata adalah bagian dari fitur keselamatan pada kebanyakan mobil masa kini yang disebut dengan Crumple zone.

Crumple Zone atau zona benturan adalah sebuah zona di kendaraan yang didesain untuk menyerap energi kinetik saat kecelakaan.

Bagian depan atau belakang mobil yang dibuat  mudah hancur ketika terjadi benturan keras adalah Crumple Zone.

Crumple zone dibuat mudah hancur agar kabin penumpang tidak ikut rusak untuk keamanan dan keselamatan pengendara serta penumpang mobil.

Crumple zone umumnya berada di bagian depan dan belakang mobil. Cara kerjanya adalah zona itu akan menyerap energi kecelakaan yang dikembangkan saat terjadi benturan.

Dikutip dari Autoevolution, teori desain mobil sebelum ditemukannya crumple zone adalah teori kebalikan dari crumple zone ini.

Mobil harus dengan bahan yang sangat kaku, tahan selama kecelakaan, dan tidak terlalu banyak deformasi ketika terjadi benturan.

Sayangnya teori ini malah berakibat semua energi kinetik dari benturan kendaraan mengalir ke penghuni mobil yang bisa berakibat fatal.

Hal ini dikarenakan saat terjadi kecelakaan berupa benturan, jika bagian depan mobil terlalu keras maka energi akan tersalurkan ke dalam kabin mobil.

Fakta tersebut cukup membuktikan tentang pentingnya crumple zone untuk keselamatan dan keamanan para penumpang mobil.

Info & Pemesanan TOYOTA :

TIWI ASTRA

082233441440

PIN 57453317

Email : pratiwi.wahyuningrum@tso.int.astra.co.id

Tinggalkan komentar